ASUS ZENFONE MAX M2 ZB633KL, Smartphone Android Untuk Gaming Dengan Harga Terjangkau


Tidak dapat dipungkiri, keberadaan smartphone  saat ini sangat menunjang aktifitas sehari-hari. Bukan hanya bagi masyarakat Indonesia, namun masyarakat di berbagai belahan dunia juga memanfaatkan smartphone untuk mendukung aktifitasnya. Banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan hanya bermodalkan smartphone, utamanya aktifitas digital. Dengan smartphone, akan membuat manusia akan terhubung dengan manusia lainnya, sehingga terbentuk jaringan yang luas.

dokpri
Salah satu aktifitas yang saat ini makin digemari masyarakat adalah bermain game. Hal ini dibuktikan dengan makin meningkatnya industri gaming dalam kurun waktu satu – dua tahun terakhir. Dan perputaran bisnis gaming ini makin pesat, tidak bisa dianggap remeh. Mulai dari konten game, genre  dan judul game, sampai pada perlengkapan yang menunjang bermain game hingga pemain game itu sendiri.

Bertempat di Paragon Hotel Seminyak, Bali telah berlangsung Blogger Gathering ASUS Next Generation Gaming Roadshow 2019 – Bali, pada tanggal 28 Pebruari 2019. Hadir dalam acara tersebut adalah Smartphone Product Marketing ASUS Indonesia, Bp. Frandy Aprianto dan Head of Public Relations ASUS Indonesia, Bp. Muhammad Firman.

Bp. Frandy Aprianto & Bp. Muhammad Firman
ASUS sebagai produsen smartphone asal Taiwan, sangat mengerti kebutuhan pangsa pasar saat ini. Melihat trend perkembangan industri game yang makin meningkat, pihaknya akan menjadikan ASUS sebagai brand pilihan bagi pengguna smartphone yang suka bermain game.

“Kalau sebelumnya ASUS menghadirkan solusi bagi beraneka ragam segmen pengguna, di tahun ini kita akan fokus ke segmen yang lebih spesifik. Tepatnya segmen yang menjadi cikal bakal dari mana ASUS berasal. Yakni segmen power user dan juga gamers,” demikian penjelasan Muhammad Firman, Head of Public Relations, ASUS Indonesia.

ASUS Next Generation Gaming Roadshow Bai 2019
Sampai saat ini, ASUS Indonesia telah memperkenalkan tiga varian smartphone yang support gaming dengan fitur dan kelengkapan yang dimilikinya sesuai dengan tingkat pengguna, baik dari low sampai tingkat high level, yaitu: ASUS ZenFone Max M2, ZenFone Max Pro M2, serta ROG Phone. Tentunya masing-masing smartphone ini memiliki performa yang bisa diunggulkan sesuai penggunanya, sehingga diharapkan dapat memberikan pengalaman maksimal saat bermain game.

Sebagaimana penjelasan Bp. Frandy Aprianto, Smartphone Product Marketing, ASUS Indonesia “ASUS ingin seluruh pengguna dari berbagai lapisan bisa menikmati sesi bermain game di smartphone tanpa hambatan. Tidak hanya pengguna smartphone premium, pengguna entry level pun berhak bermain game tanpa hambatan. Apalagi di PlayStore juga saat ini ada banyak sekali varian game yang bisa dipilih.”
  



Pada kesempatan ini, saya ingin mengulas tentang ASUS ZenFone Max M2 ZB633KL, yang merupakan smartphone termurah dari varian smartphone gaming yang baru diperkenalkan ASUS. Meski masuk kategori low price, namun smartphone ini sudah dibekali prosesor terbaru yang kencang dan hemat energy, yaitu SoC Qualcomm Snapdragon 632. Bisa dibilang Snapdragon 632 ini lebih kencang 40% dibandingkan Snapdragon 625 atau Snapdragon 626. Dan Qualcomm Snapdragon 632 ini merupakan upgrade dari Snapdragon 625 yang memiliki performa tinggi, hemat daya dan tidak panas.


DESAIN ASUS ZENFONE MAX M2 ZB633KL

Dilihat dari desainnya, casing belakang dari Max M2 ini berbahan metal yang terbilang kokoh dan terlihat premium. Sedang frame yang digunakan terbuat dari plastik yang sangat bagus. Sekilas dari jauh ASUS ZenFone Max M2 ini mirip dengan ASUS ZenFone Max Pro M2 bila dilihat dari belakang, karena sama-sama memiliki kamera ganda. Bahkan sensor sidik jari dan LED flash-nya juga mirip. Tampak depan pun kedua varian smartphone ini juga terlihat sama karena dilengkapi notch di bagian atas layar. 
Hasil gambar untuk gambar hp asus zenfone max m2 zb633kl
credit (google)
Yang membedakan adalah bezel. ASUS ZenFone Max M2 ZB633KL ini dilengkapi bezel lebih tipis, sehingga terkesan lebih eye catching dengan screen to body ratio mencapai 88%. Dengan dimensi yang tipis dan bobot yang ringan, membuat smartphone ini nyaman dibawa kemana-mana. Meski dibekali dengan baterai berkapasitas besar, mencapai 4000 mAh, namun tidak membuat smartphone ini terkesan berat saat digenggam. Bahkan bisa membuat smartphone ini bertahan seharian tanpa dukungan power bank.



gambar ASUS (credit) + modifikasi Canva


Bahkan, dengan dukungan baterai berkapasitas besar, ditambah layar 19:9 resolusi HD+ dan berteknologi panel IPS, dengan sistem operasi pure Android Oreo 8.1 dan dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 632 yang kencang dan hemat tenaga, membuat ASUS ZenFone Max M2 ini sangat ringan untuk bermain game. Kelebihan dari smartphone ini pada sistem operasinya yang dapat di upgrade ke level yang lebih tinggi.


BAGIAN DEPAN DAN BELAKANG

Di bagian depan smartphone Max M2 ini terdapat LED flash depan, LED notifikasi, proximily sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan lengkap dengan layar full HD+ 2.5D berukuran 6,3 inchi. Smartphone ini sudah dibekali on screen button.

Untuk tombol volume dan tombol power terletak di sebelah kanan smartphone. Sementara bagian kirinya terdapat microphone, terdapat triple slot yang terdiri dari dua slot kartu SIM dan satu slot kartu MicroSD, sehingga penggunanya dapat menggunakan dua nomor dan kartu memori MicroSD sekaligus yang mendukung hingga kapasitas 2TB. Lalu bagian atasnya terdapat port audio 3.5 mm.




Pada bagian belakang ASUS ZenFone Max M2 ini terdapat kamera ganda dengan posisi vertikal dengan LED flash dibawahnya yang berdekatan dengan sensor sidik jari dan logo ASUS.

Sedang untuk tampilan pada layar smartphone ini, masih sama seperti smartphone-smartphone pada umumnya. Namun bagi pengguna yang ingin mengubah tampilannya, bisa mengunduh aplikasi launcher dari pihak ketiga yang membuat tampilan pada layar depan menjadi menarik. 


ASUS ZENFONE MAX M2 ZB633KL SEBAGAI SMARTPHONE GAMING YANG TERJANGKAU


Karena smartphone ini diciptakan khusus untuk mendukung para gamer makin nyaman bermain game, tentunya performa yang dibenamkan di kelas ini sangat mendukung aktifitas gaming. Dengan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 632 yang dibekali oleh prosesor octa-core Kryo 250 dan berkecepatan 1,8 GHz, serta diperkuat dengan dukungan RAM sebesar 3GB dan 4GB, pastinya bermain game pun jadi puas. 


credit
Disamping itu, bukan hanya main game saja yang makin mudah, aktifitas digital lainnya, seperti bermain media sosial juga terasa ringan dan responsif. Sistem kerjanya tidak lelet, meski banyak aplikasi yang diunduh dalam smartphone ini, namun perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya terasa cepat dan mudah. Tidak menunjukkan gejala smartphone ini akan mati atau heng gara-gara kepenuhan aplikasi. Hebatnya, saat beberapa aplikasi dijalankan bersamaan, smartphone ini tidak terasa panas.

credit
Selain itu, ASUS ZenFone Max M2 ini dapat mendukung beberapa game dengan kapasitas besar, seperti game PUBG dan Mobile Legend yang akhir-akhir ini lagi booming. Dan inilah kehebatan Max M2, meski tergolong varian terendah dikelasnya, namun smartphone yang ditujukan sebagai entry level gaming di segmen kelas mid-range yang terjangkau ini memiliki performa lebih baik dari pendahulunya (ZenFone Max M1) yang masih menggunakan Snapdragon 430.

Berdasarkan aplikasi benchmark AnTuTu, Snapdragon 632 memiliki skor pengujian di atas 100.000 poin yang artinya sangat mumpuni untuk menjalankan semua game terkini.


KAMERA ASUS ZENFONE MAX M2 ZB633KL

ASUS ZenFone Max M2 hadir dengan sistem kamera ganda dan sensor BSI 1/3.06 inchi beresolusi 13MP dan telah memiliki aperture f/1.8, serta dilengkapi fitur phase detection autofokus dan LED flash.

Sementara untuk kamera kedua dengan resolusi 2MP yang memiliki aperture f/2.0 yang berfungsi sebagai depth sensor. Inilah yang dapat menghasilkan foto bokeh alias ngeblur seperti layaknya kamera DSLR.

Yang tak kalah menariknya adalah swafoto. Dengan dukungan kamera 8MP dan sensor BSI 1.12um pixel serta lensa aperture f/2.0 fixed fokus, ditambah fitur beauty dan adanya penambahan Al Camera yang khusus digunakan untuk foto selfie, membuat hasil jepretan dari kamera ZenFone Max M2 ini dapat diandalkan.

Di acara blogger gathering kemarin, kami berkesempatan untuk mencoba membuktikan hasi jepretan dari kamera Zenfone Max M2 ini. Bahkan, saya takjub dengan hasil foto bokeh yang mirip jepretan kamera DSLR. Berikut ini hasil jepretan memakai kamera Asus ZenFone Max M2:






Disamping mencoba foto bokeh, saya juga wefie bersama teman-teman blogger. Ternyata hasilnya sangat bagus dan tajam. Meski cuaca mendung, tapi hasil foto terlihat jernih.


KONEKTIFITAS

Berbicara masalah konektifitas, ternyata smartphone ini lumayan cepat loadingnya. Dari percobaan yang saya lakukan saat gathering, yaitu memindahkan foto-foto ke henpon saya dengan memanfaatkan bluetooth, ternyata proses pengirimannya sangat cepat. Ini membuktikan bahwa ZenFone Max M2 sangat mendukung aktifitas digital dengan baik.


BATERAI

Diatas sudah saya jelaskan, bahwa smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 4000mAh. Dengan besarnya kapasitas baterai membuat smartphone ini dapat bertahan seharian penuh tanpa bantuan power bank. Dalam artian smartphone ini dimanfaatkan untuk aktif di media sosial dan sekali waktu diselingi bermain game.

AUDIO

Speaker Asus ZenFone Max M2 ini terletak dibawah. Suara yang dihasilkan lumayan bagus, cukup keras dan kenceng serta tidak cempreng. Bahkan, ketika ingin memutar musik, kita dapat leluasa menikmati suara musik yang ngebass dan bagus. Pastinya audio smartphone ini didukung oleh 5 magnet speaker dari NXP yang disematkan didalamnya.

MEMORI

ASUS ZenFone Max M2 memiliki fitur USB OTG yang terdapat pada slot microUSB, dibekali kapasitas RAM sebesar 3GB dan ROM 32 GB, serta menyisakan 22,3GB memori internal saat smartphone ini dihidupkan pertama kali dengan fee RAM sebesar 1,7 - 1,8GB.


HARGA ASUS ZENFONE MAX M2 ZB633KL

Termasuk salah satu dari trio smartphone gaming, tak membuat smartphone ini minim performa. Meski berada di level terendah dari ASUS Next Generation Gaming 2019, smartphone ini telah membuktikan kehandalannya dalam bermain game. Semua berkat prosesor yang dibenamkannya. Ada harga promo untuk smartphone dengan kapasitas 3GB/32GB dibanderol dengan harga Rp. 1.999.000,- dimana harga aslinya adalah Rp. 2.299.000,- sedangkan kapasitas 4GB/64GB harga yang ditawarkan sebesar Rp. 2.399.000,- dengan harga sebelum promo adalah Rp. 2.699.000,-

Pasti tidak menyangka bukan? Smartphone dengan performa lengkap, yang mendukung para gamer bermain game ternyata harganya murah. Pastinya harga murah bukan berarti murahan. Terbukti smartphone ini mempunyai berbagai kelebihan seperti performa yang kenceng, baterai yang awet dan tahan seharian tanpa bantuan power bank, dukungan slot yang banyak ditambah dapat merekan video dengan resolusi tinggi mencapai 4K UHD.

Nah, supaya sahabat makin yakin bahwa ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL ini merupakan smartphone android untuk gaming dengan harga murah, berikut ini adalah spesifikasi lengkap yang dimiliki smartphone ini:


Spesifikasi ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL:

  • Teknologi GSM/HSPA/LTE
  • Dimensi 158 x 76 x 7.7 mm dengan berat 160 gram
  • Layar sentuh 6,3 inchi 2.5D aspek rasio 19:9 dengan resolusi HD+ 1520 x 720 pixel, kerapatan 269 ppi, 16 juta warna, panel IPS
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 632 
  • Sistem operasi Android 8.1 Oreo
  • Grafis Adreno 506
  • Dual kamera 13MP, sensor BSI 1/3 inchi 1.12um pixel, aperture f/1.8, phase detection autofokus dengan LED flash dan 2MP fixed focus, sensor BSI.
  • Kamera depan 8 MP, sensor BSI 1.12um pixel, lensa aperture f/2.0, fixed focus, Al Camera, LED flash
  • Memori terdiri dari dua macam: 3GB/32GB dan 4GB/64GB dengan penambahan slot microSD maksimal 512GB
  • Support WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock
  • Baterai 4000mAh non-removable
  • Warna tiga macam: midnight black, space blue dan meteor silver
  • Harga promo:
  • 3GB/32GB = Rp. 1.999.000,- 
  • 4GB/64Gb = Rp. 2.399.000,- 
 
  • Harga normal:
  • 3GB/32GB = Rp. 2.299.000,- 
  • 4GB/64Gb = Rp. 2.699.000,- 

Pasti mupeng kan setelah melihat fitur lengkap yang dibenamkan dalam smartphone gaming dari ASUS ini. Fitur lengkap ditambah harga terjangkau, bisa dipakai untuk aktifitas digital bahkan main game pun lancar, pasti banyak yang tertarik memilih smartphone ini. Kalau yang murah saja sangat mendukung kenapa nyari yang mahal. Yuk kepoin ASUS ZenFone Max M2 ZB633KL.

You May Also Like

45 komentar

  1. Wah, pengin banget punya smartphone kayak gini. Kalo lagi santai bisa main game biar gak galau mellow.

    BalasHapus
  2. wah, harganya ada yang kurang dari 2 juta ya.
    boleh nih buat jadi alternatif ganti hape :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak henpon dg fitur lengkap tapi harga murah jadi mupeng ya

      Hapus
  3. Wah cocok nih ASUS Zenfone ini buat anak lanangku yang suka main game di hp. Kalo aku sih seneng sama kameranya. Ini bagus banget hasil jepretannya ya, bisa bokeh seperti kamera DSLR. Enak kalo traveling, cukup bawa zenfone ini aja, nggak usah bawa kamera DSLR yang berat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak henpon dg harga terjangkau cocok untuk ngegame dan moto

      Hapus
  4. Cocok sekali asus zenfone ini buatku. Anakku tuh suka game, beberapa kali ngeluh, kalau install game dan main game di hapeku ini gak bisa, selalu hang, karena akupun mempunyai banyak aplikasi dan ribuan foto jarang kuhapus, cuma dipindah aja. Keren ya, Asus nih, harhane cukup terjangkau untuk pangsa pasar menengah ke bawah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mupeng ya mbak dg henpon yg murah tp fitur lengkap

      Hapus
  5. Dua hal pertimbangan untuk membeli handphone adalah baterai dan kamera yang mumpuni, nah ASUS Zenfone Max M2 ini udah jadi pilihan yg tepat. ASUS ini keren banget dan harganya terjangkau pula.

    BalasHapus
  6. Bagi saya yang maunya juga disebut bloger, padahal masih merangkak maka pertimbangan kamera adalah yang utama. Kalau hasil jepretan Asus Zenfone ini sudah bagus begitu, pastinya jadi pilihan nih buat saya. Handpone saya tuh sudah mulai ngadat-ngadat, perlu dilembiru alias dilempar beli baru hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ini henpon yang recommended untuk blogger

      Hapus
  7. Naksir kameranya euy, fitur-fitur kameranya lengkap, baterainya tahan lama, RAMnya juga besar, cocok banget buat dibawa travelling atau ngevent, nggak akan rewel diajak livetweet hahaah.

    BalasHapus
  8. Gaming memang baterai kuat dan tahan lama.cocok dah buat ngeblog apalagi harga terjangkau di kantong kita kita.

    asus zenfone max m2zb633kl memang dinantikan

    BalasHapus
  9. Harga Asus Zenfone ini menarik perhatianku, lumayan hemat dikantong tapi fitur2nya gamingnya oke semua, hasil fotopun cemerlang :)

    BalasHapus
  10. Wahhh yang suka main game wajib punya si asus zenfone max m2 zb633kl ini nih, biar main gamenya lebih seru :)

    BalasHapus
  11. kapasitas Ram dan baterainya memang cocok untuk gaming yaa, Mba. Main game menjadi lebih nyaman dan gak perlu direpotkan lagi dengan batrerai yang cepat lobet :)

    BalasHapus
  12. harganya di bawah 3 juta tapi speknya keren ya mba apalagi lihat hasil foto welfies dan foto-foto bokehnya mantab sekali ini, suami jg sempet galau milih HP ini :p

    BalasHapus
  13. Asyik bgt nih. Smartphone gaming tapi juga keren hasil bokehnya ��

    BalasHapus
  14. Wah, ini kalau anak lanang tau, bisa-bisa emaknya ditodong, wkwwkw..

    Baterai yang tahan lama tu jadi poin paling penting untuk para gamers ya.. Keren sih, kalau nggak nge-hang dan baterainya tahan seharian. Nggak seperti hp saya. 3 jam buat mainan, baterainya udah wassalam.

    BalasHapus
  15. Kebetulan suami sedang mencari handphone yang sistem kerjanya gak lelet, nih. Dia lagi butuh banyak aplikasi untuk kerja. Jadi memang butuh handphone yang bandel seperti asus zenfone

    BalasHapus
  16. Wah...wah...mbak, hasil fotonya luar biasa, cool banget, jernih dan tajam... Asus Zenfone MAX M2 ZB633KL, ya mbak

    BalasHapus
  17. Saya juga pengguna Zenfone sudah lama, suka awet Alhamdulillah belum pernah rusak. Lihat yang ini koq jadi pengen upgrade :D berasa jadul hp saya hehehe

    BalasHapus
  18. This is indeed one cool gadget. Have you got one? I love to read the features and the performances of this gadget

    BalasHapus
  19. Kece benar Asus Zenfone Max M2 ini keknya ngeblog sama main game gak ada lagi kata ngelag mantap soalnya

    BalasHapus
  20. Hpnya ganteng mbak Yuni, eh yg megangnya hehehe gagal fokus. ASUS selalu membuat produknya sesuai dengan kebutuhan penggunanya ya. Nah kali ini bagi pecinta games di ponsel jadi sasarannya untuk memberikan kepuasan pada mereka.
    Kalau aku gak terlalu suka main games, cepet bosenan mbak. Tapi pakai ASUS Zenfone Max M2 ini pastinya bisa mendukung aktivitas aku juga ya.

    BalasHapus
  21. Asus memangkas selalu terdepan dlm hal memenuhi kebutuhan dan kepuasan user nya ya mbak Yun. Aku juga sdh pake Asus MAX PRO M1 nih

    BalasHapus
  22. Meskipun bukan gamer, aku naksir juga nih Asus satu ini..terutama karena kameranya. Asyik sekali nih IGku bisa makin ok dg hasil potretan dg HP ini..

    BalasHapus
  23. Sebagai pecinta Asus dari dulu Ujame selalu suka kalo ada yang buat artikel tentang HP ini. Jadi tau banyak hihi

    Kamera bokehnya tuh ya bund, emang juara ��

    BalasHapus
  24. Kece ya mbaaa... dengan segala macam fitur mumpuni dan cucok untuk ngegame, harga ga sampe 2.5 juta gitu. Memang idola nih ASUS ;)

    BalasHapus
  25. Nah, Asus zenfone max m2 yang support gaming ini yang sepertinya cocok banget untuk suami. Soalnya dia doyan banget main game. Mana spesifikasinya keren dan harganya terjangkau pula. Hasil jepretan kamerannya juga oke bangeeet. Saya nggak terlalu suka main game juga jadi tertarik deh pengen punya smartphone Asus ini.

    BalasHapus
  26. Ini salah satu HP incaran saya juga lho Mbak. Harga oke, spek kece. Cucokk deh buat Emak milenial, heehehh. :)

    BalasHapus
  27. Inget game jadi inget anak dan ponakanku, Mba. Mereka demen banget main game, walo waktu bermain dgn gadget aku batasi. Tapi ya, itu salah satu hiburan bagi mereka saat libur adalah main game. Kayaknya hp Asus ini cocok juga nih. Thanks infonya ya, Mba :)

    BalasHapus
  28. Asus zenfone max m2 ini maksimal banget buay main games mba. Kalo yang pro nya makin gokil speknya. Rekomended mba

    BalasHapus
  29. wait.... aku terpana sama gambar mbak dengan latar bokeh. Itu otomatis?
    Trus yang fokus ke daun dan belakangnya bokeh itu cuma dipotret dari kamera HP? woooow!

    BalasHapus
  30. Huaa gatel banget deh pengen punya HP Asus ini , jatuh cinta sama dapur pacunya yang cocok buat gaming.

    BalasHapus
  31. Aku suka sama ASUS karena inovasinya di dunia teknologi gadget itu bagus semua

    BalasHapus
  32. aku punya hape lama yang udah pecah layarnya, lalu dipake anakku buat main game. tapi sekarang hape itupun sudah rusak. kayaknya asus tipe ini bisa dipertimbangkan nih, untuk hape gaming harganya terjangkau...

    BalasHapus
  33. aku termasuk pecinta asus dan sudah beberapa generasi hp ku asus. karena batrenya pas banget untuk aku yang suka lupa ngecas hahaha

    BalasHapus
  34. Cocok buat anak-anakku yang hobi main game nih. Hapenya mudah rusak, karena kalo ngegame kan pencet tombol terus ya.

    BalasHapus
  35. Aduh, mupeng mak. Spec nya bagus harga terjangkau banget.

    BalasHapus
  36. Bagus ya mbak, keren banget ini hape, tipis dan cakep gambarnya cocok buat yang suka ngevlog juga ya.

    BalasHapus
  37. Aku sudah nyicip ngelus2 hape ini he he. Hasil jepretan kameranya baguss

    BalasHapus
  38. Wah.. Desainnya keren banget, mbak. Keren dah produk Asus satu ini.

    Jadi pengen punya hp ini. hehe

    BalasHapus
  39. Aku udah coba hape ini, milik kak Noorma yang punya
    mantep banget asli bening, kinclong pengen punya juga karena udah make dan puas hasilnya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels

#1 #1Hari1Ayat #2 #3 #30HariBlogChallenge #69TahunBNI #Berkahgaterbatas #bloggerbali #BPNxSOGOOD #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang #freyacollectionbygoldmart #freyaxgoldmart #inibaruindonesia #Jobstreet #LimaTahunWB #mommykidsmoment #gizidatdiary #happykids #mprgoid #mprri #netizenbali #netizengathering #netizenmpr #PastiDikasihLebih #perhiasanemasberlian #goldmartdenpasar #phdid #grilledsteakpizza #Prudential Indonesia #JalaninBareng #PruCritical Benefit 88 #PRUlinkGenerasiBaru #PRUlinkSyariahGenerasiBaru #RamadhanSoGoodSiapMasak AntarkanKebaikan anyang-anyangan Asus Blog Competition Beauty Blog Competition STALKING Blibli MYBIGWISH BlogCompetition Blogger Writing Competition BloggerPerempuan BMD Chil-Go! BNI BP Network BPN30dayChallenge2018 Buku Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal CORETAN PENAKU DapurRumahan Day1 Day10 Day11 Day12 Day13 Day14 Day2 Day3 Day4 Day5 Day6 Day7 Day8 Day9 DHblogcompetition Elevenia elevenia blog competition EVENT GIVEAWAY FIKSI Film Finansial Health Agent HokBen Hotel Tour Ide Kreatif Idphotobook INFO CARA MEMPERCANTIK TAMPILAN BLOG INFO CARA PENGIRIMAN NASKAH KE PENERBIT INSPIRASI INTERMESO Jalan-jalan KEB DiMataKu Kisah Inspiratif Klinik Kecantikan Kompetisi Blog KONTES BLOG Kuliner LOMBA BLOG LOMBA BLOG NUB LOMBA BLOG OGB Lomba Resensi LOMBA RESENSI BUKU MUKJIZAT DOA Next Generation Gaming Blogger Writing Competition ngaBLOGburit2015 Nutrifood Parenting Paxel Pengetahuan Pensiun Ramadhan Blogging Challenge RESEP MASAKANKU Review SEBUAH RENUNGA SEBUAH RENUNGAN SIMPONI Smartfren Sponsored Post Super 4G Unlimited Teaser Teckno Tempra Blog Competition Tips TRIK MENULIS TULISAN YANG DI MUAT DI MEDIA Uri-Cran SEO & Blogger Competition W1 W2 W3 W4