Inilah 5 Tempat Tujuan Wisata Impianku


Mimpi mengunjungi destinasi wisata diberbagai daerah sudah sejak lama ada diangan-angan. Bahkan, semenjak masih gadis, aku berangan bisa traveling ke seluruh pulau di Indonesia. Nyatanya, keinginan itu belum juga terwujud. Namun, Allah Maha Baik. Siapa sangka begitu menikah aku bisa menginjakkan kaki di Tanah Papua. Bahkan, hampir 8 tahun lamanya, berdamai dengan alam dan kehidupan masyarakat Papua. Sungguh menjadi sebuah kenangan yang tak terlupa.

Apalagi setelah dari Papua, aku bisa hijrah ke Bali. Kembali beradaptasi dengan kehidupan dan adat istiadat masyarakat Bali. Senang? Sudah pasti, apalagi aku berada di Bali karena mengikuti dinas suami. Masalah adaptasi dengan lingkungan adalah hal biasa bagiku. Karena, kemanapun aku pergi, asal bersama keluarga, akan menciptakan momen kebersamaan yang berharga bagiku.

Lalu apakah aku masih bermimpi dapat mengunjungi tempat wisata di pulau lain? Tentu. Bahkan, akupun iri saat melihat teman bisa pergi kemana-mana. Ada yang melakukan wisata religi Ke Mesir. Ada yang menjalankan ibadah umroh bersama keluarga, ada pula yang dapat menikmati indahnya bunga sakura di Jepang. Akupun juga bermimpi bisa seperti mereka menginjakkan kaki di luar negeri, dan menikmati indahnya pemandangan di negara lain.


Jauh sebelum mimpi itu, akupun masih tetap berangan ingin mengunjungi destinasi wisata yang ada di Indonesia. Bahagia rasanya bila mimpiku ini benar-benar terwujud. Menjawab tantangan di hari ke-13 BPN 30 Day Challenge 2018, inilah 5 tempat wisata yang menjadi impianku. Semoga beberapa diantaranya bisa kukunjungi suatu saat nanti.


1. YOGYAKARTA

sumber: google

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia (WIKIPEDIA)
 
sumber: google
Pernah ke Yogyakarta saat baru lulus SMA dan mencari sekolah disana. Daftar diploma Universitas Gadjahmada nyatanya tidak keterima, dan Allah lebih menakdirkanku kuliah di Malang. Namun pengalaman beberapa hari menginap di Yogya bikin takjub karena banyaknya tempat wisata dan kuliner.
 
Kuliner khas Yogya yang bikin lapar (google)


Apalagi saat membaca blog teman-teman blogger yang kebetulan domisili di Yogyakarta, yang menceritakan destinasi wisata lengkap dengan wisata kulinernya, rasanya ingin kembali mengunjungi Yogyakarta dan membuktikan cerita teman-teman blogger tentang keindahan kota Yogyakarta. Dan akupun semakin terpesona dengan daya tarik Yogyakarta karena membaca blognya mas Adipraa  atau blognya mas Andi Nugroho


2. BANDUNG


Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. (Wikipedia)

Jujur bisa mengunjungi Bandung adalah salah satu impianku. Melihat destinasi wisata yang ada di internet, membuatku takjub dan ingin membuktikan bahwa senyatanya Bandung memang layak dikunjungi.

Pernah sekali ke Bandung untuk mencari sekolah dengan memanfaatkan jasa kereta api malam. Dari Surabaya aku berangkat sore hari dan sampai stasiun Bandung keesokan harinya. Pernah merasakan dinginnya air di kamar mandi. Bahkan hawa dingin malam hari serasa menusuk sampai ke tulang. Namun tak membuat niatku untuk kembali ke kota kembang sirna.

sumber: google

Apalagi kuliner khas Bandung yang kini dijual diberbagai daerah, seperti tahu bulat, siomay, batagor, maupun sajian khas Sunda yang tersebar di resto-resto, ingin rasanya icip-icip makanan ini di daerah asalnya. Dan sejujurnya akupun penikmat makanan khas Sunda ini karena bumbu kacangnya yang gurih.


3. MAKASSAR

sumber: google

Kota Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi. Wikipedia

Hasil gambar untuk tentang makassar
sumber: google
Ada beberapa destinasi wisata menarik di Makassar. Destinasi wisata paling populer yang bisa dikunjungi seperti Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, dan Trans Studio. Namun jika kita ingin menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam, maka Pantai Losari-lah tempatnya. Ditempat ini juga terdapat beberapa kuliner yang layak untuk dicoba, seperti pisang epe, pisang ijo atau menikmati menu khas laut. Jadi kita tidak perlu ragu bila ingin menghabiskan waktu yang lebih lama untuk menikmati indahnya Pantai Losari.

Hasil gambar untuk tentang kuliner makassar
Cotto Makassar, salah satu kuliner khas Makassar (google)
Cotto Makassar adalah salah satu makanan favoritku, selain sop sodara, konro, es pisang ijo, es palu butung maupun jalangkotek. Dan akupun ingin menikmati cita rasa kuliner khas Makassar dari daerah asalnya.


4. PADANG


Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Wikipedia

Padang, terkenal karena masakannya yang khas karena bumbu rempah-rempahnya. Dan aku termasuk salah satu penikmat masakan Padang. Salah satu makanan khas Padang yang bikin nagih adalah Sate Padang. Bumbunya kental, rempah-rempahnya pun terasa. Selain sate Padang, masakan khas Padang juga banyak diminati orang. Bahkan, sudah banyak tersebar rumah makan khas Padang di berbagai daerah. 

masakan khas Padang yang kaya rempah-rempah (google)

Merasakan nikmatnya cita rasa masakan khas Padang di daerah asalnya, inilah keinginanku yang belum kesampaian. Dan inilah alasanku ingin berlibur ke Padang sambil menikmati berbagai destinasi wisata disana.


5. PALEMBANG

sumber: google

Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1.573.898 jiwa dengan kepadatan penduduk 4.800 per km². Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang. Wikipedia

Tahukah makanan khas Palembang? Pasti pempek jawabnya. Akupun suka banget dengan pempek. Bahkan di Bali banyak gerai pempek corner yang menawarkan aneka kuliner khas Palembang. Ada banyak macam pempek, seperti pempek kapal selam, lenjer, ada rujak mie, ada es kacang merah, ada srikayo dan sebagainya. 

sumber: google

Masih sama dengan tujuan wisata impianku sebelumnya, akupun ingin menikmati lezatnya makanan khas Palembang di daerah asalnya, sambil menikmati destinasi wisata yang ada disana. Pastinya senang sekali bila suatu saat bisa menginjakkan kaki di tempat wisata impian.

Dan...itulah 5 tempat tujuan wisata impianku. Semoga suatu saat kelima kota itu bisa kukunjungi, terutama aku bisa icip-icip kuliner yang menjadi makanan favoritku khusus di daerah asalnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah ingin menikmati kuliner khas khusus didaerah asalnya? Share yuk!!!

You May Also Like

7 komentar

  1. Hayuk mbak ajak keluarga ke Jogja. :D

    BalasHapus
  2. Yogya ini kayak nggak ada habisnya dieksplore. Nggak bikin bosen juga.
    Semoga terwujud ya mbak.

    BalasHapus
  3. Wah lama juga tinggal di papua mbak,papua bagian mana? Saya juga pernah di papua hehe

    Smg impiannya terwujud :)

    BalasHapus
  4. Wah lama juga tinggal di papua mbak,papua bagian mana? Saya juga pernah di papua hehe

    Smg impiannya terwujud :)

    BalasHapus
  5. Ada perasaan senang ketika mendapati Padang. Semoga kelak berkesempatan mendapatkan pengalaman menyenangkan di Padang :)

    BalasHapus
  6. sini mbak ke Medan, kota kuliner dijamin bakalan ingat terus sama makanan medan lho.

    Kalau saya sendiri pengen ke Azerbaijan, rencana InsyaAllah tahun depan kesana. Karena kebetulan lagi belajar bahasa Azerbaijan dan punya beberapa kawan disana

    BalasHapus
  7. Monggo Mba Yuni, mampir ke Palembang... Nanti bisa nyicip empek2 asli dari tempat asalnya bareng saya ya..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Google+ Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels