Peranan Media Sosial Bagi Blogger

Media sosial milik semua orang, bukan hanya milik blogger semata. Inilah yang membuat konten media sosial ini beragam. Ada yang suka membagikan foto-foto aktivitasnya, ada pula yang suka menulis status curahan hatinya, bahkan ada pula yang hanya membagikan gambar atau video kiriman di media sosialnya. Semuanya sah-sah saja.

Sayangnya, semakin banyak pengguna media sosial di berbagai belahan dunia ini, mengakibatkan dampak negatif timbul seiring penggunaan media sosial yang salah. Akibatnya timbul saling serang, saling fitnah, tidak sepaham yang berimbas pada pemutusan hubungan pertemanan dalam media sosial. Saling unfriend, unfollow bahkan blokir.

Karena media sosial disinyalir disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan, aksi scamming, peretasan bahkan menyebarkan berita-berita hoax yang salah satunya termasuk penyebaran ujaran kebencian. Inilah yang mengakibatkan teman serasa lawan pada akhirnya.

Padahal tujuan diciptakan media sosial sebenarnya untuk networking, menjalin hubungan yang lebih luas, baik hubungan pertemanan, hubungan bisnis dan hubungan lain, sehingga tercipta rangkaian jaringan yang saling menguntungkan.

Kalau ditanya apakah media sosial penting bagi blogger. Penting sekali!!! Peranan media sosial ini sangat besar bagi aktivitas blogging. Tanpa media sosial tak mungkin para blogger dapat menjalin hubungan yang lebih erat antara sesama blogger, meski hubungan pertemanan itu lebih banyak di dunia maya. Bahkan, tanpa media sosial mustahil tulisan-tulisan di blog itu bisa menarik minat pembacanya, sehingga terjadi interaksi antara penulis dan pembaca di blog.

Media sosial bagi blogger ibarat rumah kedua untuk membagikan tulisan-tulisannya di blog, menjadi tempat berkomunitas, dan menjadi tempat mendapatkan informasi seputar aktivitas blogging. Media sosial yang dimaksud disini bisa berupa facebook, instagram dan twitter. Ketiganya merupakan piranti bagi para blogger untuk mengembangkan sayapnya.


Intinya banyak yang bisa didapatkan para blogger dari akun media sosial yang dimilikinya. Pas banget dengan tema ke-5 dari BPN 30 Day Challenge 2018 "Tentang Media Sosial", diantaranya:
  1. Media sosial menjadi tempat para blogger membagikan tulisan-tulisannya di blog.
  2. Media sosial tempat blogger berkomunitas, menjalin pertemanan sesama blogger di dunia maya, saling berinteraksi untuk mendapatkan ilmu dan informasi seputar aktivitas blogging.
  3. Media sosial tempat blogger mendapatkan job. Dengan gabung di komunitas, peluang bagi blogger untuk mendapatkan job itu sangat besar. Bahkan blogger pun jadi peduli dengan follower akun media sosialnya, karena setiap job yang di blast dalam komunitas biasanya memberikan persyaratan tentang minimal follower yang dimiliki blogger.
  4. Media sosial tempatnya blogger mengembangkan sayapnya. Artinya yang namanya blogger bukan hanya penulis blog saja, namun dengan berbagai akun media sosial yang dimilikinya, yang diimbangi dengan jumlah follower yang dimilikinya, maka blogger bisa menjadi buzzer, influencer atau mengikuti campaign2 yang diadakan komunitas bekerja sama dengan brand tertentu.
  5. Media sosial tempatnya para blogger membangun jaringan sesama blogger. Biasanya para blogger dengan niche tertentu akhirnya membentuk komunitas lagi yang tujuannya bukan hanya sebagai hobi, namun menyebarkan konten positif bagi penikmatnya.
  6. Media sosial tempatnya blogger berburu lomba blog dan kuis. Dengan mengikuti lomba blog bukan hanya hadiah yang dikejar, namun lebih membuat blogger itu belajar menguasai materi yang dilombakan.
  7. Media sosial tempatnya para blogger memerangi berita hoax dan menyebarkan konten positif. Dengan demikian penikmat media sosial akan merasakan manfaat dari media sosial, karena saat ini masyarakat lebih menikmati berita-berita dari media online ketimbang media cetak. Barangkali mereka memilih praktisnya.
  8. Media sosial tempatnya para blogger berbagi ilmu. Tak jarang para blogger yang kerapkali membagikan tulisannya di media sosial sering diundang menjadi pemateri pada sebuah acara yang diadakan oleh instansi tertentu.


Singkatnya media sosial bagi para blogger bukan menjadi wadah untuk pamer yang membuat pembaca nyinyir, iri atau sebagainya. Setiap blogger tentu sudah berkomitmen bahwa adanya media sosial bisa menjadi sarana untuk saling menyemangati sesama blogger. Bahwa sebenarnya blogger itu bukan menjaid hobi semata, namun bisa menjadi profesi yang mengenalkan blogger itu pada dunia. Mari bersiap menjadi blogger yang professional!!!.


You May Also Like

1 komentar

  1. Wahh betul sekali ya mba, blogger pasti butuh sosmed untuk aktivitasnya..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Google+ Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels