Ketika Menulis Blog Menjadi Sebuah Pilihan


Menulis sudah menjadi hobiku sejak SD. Terbayang beberapa kali memenangkan lomba menulis baik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia maupun Pendidikan Agama Islam. Sayang hobiku ini tidak didukung almarhum bapak. Beliau lebih menginginkan aku berprestasi di bidang akademik ketimbang menjuarai lomba menulis.

Meski begitu, aku sering mencuri waktu, menyempatkan menulis meski medianya sebatas buku diary. Dari kumpulan tulisan di buku diary itulah beberapa diantaranya menghasilkan pundi-pundi rupiah, meski saat itu nominalnya terbilang kecil. Dan sepandai-pandainya aku menyimpan sebuah rahasia, akhirnya ketahuan juga. Seorang perangkat desa  datang ke rumah  meminta bapak ke kantor desa untuk menandatangani sebuah tanda terima. Itulah wesel pos yang isinya fee artikelku yang dimuat di media untuk pertama kalinya.
dulu dan sekarang

Sayang…bapak tidak pernah tahu cerita tentang episode sebuah mesin ketik manual. Mesin ketik itu khusus dibelikan bapak untukku, karena beliau tahu aku suka menulis. Namun beliau tidak pernah mendengarkan suara hentakan mesin ketik setiap malam, karena Allah telah memanggilnya beberapa hari kemudian.

Dari mesin ketik itulah aku kerapkali menerima bayaran dari tulisan-tulisanku yang dimuat di media. Bahkan, sampai kuliah pun aku masih sempat menulis dan mengirimkannya ke media. Hobiku pun berhenti ketika aku mulai bekerja di sebuah perusahaan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Namun hanya tiga tahun aku bertahan dalam rutinitas kerja, karena setelah itu akupun menikah dan memutuskan untuk resign dari tempat kerja.

Berada jauh dari kampung halaman, meninggalkan keluarga besar bahkan menanggalkan status sebagai pegawai, menjadi sebuah perjalanan hidup yang penuh liku. Terlebih statusku adalah istri dari seorang tentara, otomatis aku harus mengikuti semua kegiatan yang ada di dalam asrama.

Jenuh? Bosan? Pasti dua rasa itu sering menghantuiku. Apalagi diawal-awal gabung dengan para istri tentara sempat muncul rasa canggung. Namun aku berusaha menetralisir keadaan. Aku tak mau terlalu lama terlena. Dan aku berusaha membuka wawasan dengan mencari informasi di media cetak dan online. Tahun 2008 aku mulai mengenal media sosial, facebook-lah yang pertama kukenal. Sementara lewat media cetak aku mendapatkan informasi seputar blog. Dalam sebuah rubrik pembaca, aku membaca sebuah headline yang bertuliskan “Anak SD mampu berpenghasilan melalui blog”.

Aku ingin seperti dia. Lalu aku browsing internet mencaritahu apa sebenarnya blog itu. Hingga aku membuat sebuah blog dengan memanfaatkan blog gratisan. Blog pertama yang kubuat berlabel “aquariusgirl.blogspot.com” sebuah blog yang isinya aktivitasku sebagai istri tentara yang mengikuti dinas suami di Jayapura – Papua. 

Setelah sekian bulan aku berkutat dengan blog, nyatanya tak membuatku berpenghasilan. Lalu aku beralih berburu penghasilan dengan mengikuti kompetisi serta kuis yang diselenggarakan media cetak. Disitulah rezekiku. Beberapa kompetisi yang kuikuti membuatku kembali menerima hadiah. Kebayang kan bagaimana seorang ibu rumah tangga yang akhirnya bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari keringatnya sendiri. 

Hingga saatnya aku harus pindah dari Jayapura ke Bali demi mengikuti dinas suami. Ditempat baru inilah aku seperti menjadi pribadi terasing. Dan media sosial-lah tempatku mencurahkan segalanya. Melalui media sosial pula aku menemukan banyak grup, salah satunya grup kumpulan blogger. Akupun tak menyia-nyiakan kesempatan. Aku gabung dengan banyak grup para blogger di facebook. Dari grup-grup inilah aku kembali memantapkan diri menulis di blog.


Ketika menulis di blog menjadi sebuah pilihanku, ternyata banyak hal yang kudapatkan. Aku jadi yakin bahwa menjadi blogger itu tidak pernah ada ruginya. Bisa dijadikan hobi sekaligus profesi yang cocok untuk ibu rumah tangga sekaligus istri tentara sepertiku.  Sejak tahun 2013 silam aku mulai menekuni dunia blogging. Selain berbagi tulisan secara online, nyatanya aku bisa berkenalan dengan sesama blogger di dunia maya. Kami saling curhat, bertegur sapa melalui messenger, atau bahkan berbagai informasi dan pengalaman.


Senyatanya ada banyak manfaat yang kudapatkan ketika memutuskan menjadi blogger, diantaranya:
💓Mendapat banyak hadiah dari menang giveaway yang diadakan para blogger, baik barang, pulsa maupun uang.

💓Beberapakali menang lomba blog dan mendapatkan hadiah berupa uang dan goodiebag.

💓Mempunyai beberapa buku antologi karena gabung dengan grup para penulis dan blogger.

💓Sering diundang instansi baik pemerintah maupun swasta, berkesempatan mempromosikan produk baru atau mempromosikan program kerjanya, dan mendapat imbalan berupa fee dari review tulisan di blog.

💓Sering diundang saat launching hotel, bahkan mendapatkan voucher menginap gratis atau staycation di hotel tertentu.

💓Sering diajak kerjasama oleh travel agent atau website ternama untuk mempromosikan brand-nya dan mendapatkan fee dari review tulisan di blog, lebih kerennya disebut content placement atau sponsor post.

💓Menjadi blogger otomatis aktif di media sosial. Selain blog, ada facebook, twitter dan instagram yang digunakan untuk mempublikasikan tulisan di blog. Dari sinilah akhirnya para blogger berkesempatan mendapat tambahan job sebagai buzzer, KOL, PIC, influencer atau endorser. Dan job-job tambahan ini tentunya berbayar. Inilah yang pernah kudapatkan ketika menyandang status sebagai blogger.

Ada yang lebih spesifik lagi keuntungan yang kudapat ketika menulis di blog menjadi pilihanku:
💕Aku mempunyai banyak teman di dunia maya baik dari dalam negeri maupun  luar negeri.

💕Di lingkungan tempatku berorganisasi aku mempunyai nilai “plus” karena hobiku. Bahwa media sosial bukan melulu pamer foto atau menyebarkan informasi hoax. Namun media sosial bersama gadget pendukungnya ternyata mampu membuat seseorang itu berpenghasilan, salah satunya dengan menulis di blog.

💕Aku bisa berbagi pengalaman di blog. Inilah salah satu cara penulis blog bersedekah ilmu kepada pembaca. Syukur ini tiada henti kupanjatkan ketika beberapa pembaca mengajakku berinteraksi melalui email untuk konsultasi hal-hal tertentu.


Dan ketika menulis di blog menjadi sebuah pilihanku, akupun tak melulu sibuk dengan urusan rumah tangga, berkutat dengan bumbu-bumbu dapur, atau sibuk menghadapi tumpukan setrikaan yang menggunung. Aku juga tak melulu sibuk dengan kegiatan organisasi, tapi aku bisa berkomunitas, kumpul dengan para blogger, khususnya blogger Bali. Saling berinteraksi, berbagi job, berbagi pengalaman dan tentunya berbagi rezeki.

Kadang banyak yang beranggapan menjadi seorang blogger harus punya banyak waktu, harus punya piranti pendukung agar tulisan di blognya menarik. Eits...jangan salah, nulis di blog hanya butuh media menulis dan internet. Kalau kamu punya henpon dengan sambungan internet lancar, itupun sudah cukup. Jaman sekarang henpon bisa multifungsi. Bisa dijadikan media menulis blog, memoto obyek sebagai pendukung atau menciptakan infografis.

Kalau kamu masih bingung tentang media ngeblog, intip beberapa peralatan pendukung blogger yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan hobimu. Dengan begitu, kamu bisa menjadikan blog sebagai media untuk berpenghasilan. Disaat pandemi tengah melanda negara kita, dimana banyak karyawan yang di rumahkan, aktivitas kantor dialihkan menjadi Work From Home, menjadi blogger adalah pilihan tepat selama berada di rumah.

Stay at home adalah pilihan bijak demi memutus penyebaran wabah covid-19 yang kian massif. Namun bukan berarti tak ada hal yang bisa dikerjakan. Produktif saat di rumah saja akan meredakan stress ketika menghadapi ritmen kehidupan yang berubah drastis. Dan ketika menulis blog menjadi pilihan, pilihanku dan pilihanmu, yuk maksimalkan kesempatan ini sebaik mungkin agar hidup pun menjadi semakin baik disaat situasi yang serba tak menentu seperti saat ini.

Stay strong dan keep healthy!



Posting Komentar

6 Komentar

  1. Keren ya mba. Aku juga kepengen dapet gratisan dari blog. Selama ini ngga ada teman yang semangatin ngeblog, jdnya terlantar. Baru skrg semangat lagi. Apalagi udah join di komunitas. Salam kenal mba

    BalasHapus
  2. Bener mba, hidup ga membosankan berkat ngeblog

    BalasHapus
  3. Ngeblog untuk berbagi informasi... Semangaaat!

    BalasHapus
  4. MasyaAllah... sebuah perjuangan indah yang tidak semua orang tahu kisah dibalik munculnya blogger kece ini ��

    BalasHapus
  5. Semoga tulisan kita bermanfaat bagi pembaca ya Mbak. Amin...

    BalasHapus
  6. Keren, Mb
    Beraw dr ingin membunuh rasa sepi lama2 mendulang prestasi
    Sukses selalu, Mba

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...