25 September 2017

Posted by Sri Wahyuni on 10:39 AM 4 comments
Sehebat apapun seorang wanita, ia tetap dituntut menjadi seseorang yang kreatif. Apalagi bila wanita itu telah menjelma menjadi ibu dari anak-anaknya. Sudah pasti kreatifitas ibu akan membuat anak merasa nyaman berada disamping ibunya.

Barangkali kalimat nyinyir yang mempersoalkan wanita, baik antara wanita karier atau ibu rumah tangga, wanita yang melahirkan normal atau caesar atau bahkan wanita yang menyusui dengan wanita yang memberikan sufor kepada bayinya, menjadi sebuah persoalan yang tak pernah ada habisnya. Lalu apakah kita terus larut dalam polemik semacam itu? Membiarkan diri kita berada di pusaran permasalahan semacam itu sama halnya mengundang penyakit untuk bertandang ke tubuh kita. 

"Biarin ajaaaaa.......", kata Mamah Dedeh😁😁😁😁
Kita harus bisa menjadi diri sendiri...karena dengan begitu akan timbul ide-ide yang mendorong kreatifitas. Banyak ragam kreatifitas yang tercipta dengan sendirinya sembari kita menyelesaikan pekerjaan rumah. Salah satu contohnya berkreasi dengan kaos kaki bekas.

Kadang kita bingung manakala anak mendapat tugas membuat prakarya dari sekolah. Membuat boneka dari kaos kaki bekas ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihannya. Selain bahannya mudah didapat, cara membuatnya pun gampang.

Bahkan ide yang simpel ini ternyata bisa menjadi ladang penghasilan bagi ibu rumah tangga bila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Mau tahu cara membuat boneka dari kaos bekas? 

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

1. Kaos kaki polos warna putih atau krem
2. Kaos kaki motif
3. Benang jahit dan jarum
4. Gunting
5. Spidol
6. Benang wool
7. Asesoris lain seperti pita, kancing dsb.
8. Dacron

Cara membuatnya:

1. Buat pola diatas kaos kaki polos. Gambar dengan spidol warna hitam. Lalu gunting mengikuti pola.




2. Jahit potongan pola dengan jahit delujur. Setelah itu baliklah agar jahitan tidak terlihat. Isi dacron...usahakan isi banyak agar terlihat padat.

3. Bentuklah potongan kaos kaki yang sudah diisi dacron sesuai keinginan. Untuk membuat kepala bentuklah bagian atas bulat setelah itu ikat bulatan menggunakan benang. Bisa juga dijahit delujur lalu benang ditarik kuat.

4. Bila badan boneka sudah terbentuk saatnya membuat asesoris boneka. Dimulai dengan membuat topi, baju, rambut dan sebagainya.

5. Untuk membuat topi dan baju bisa dibuat pola terlebih dahulu. Gunakan kaos kaki motif untuk membuat topi dan baju. Bentuk sesuai selera dan bisa ditambahkan asesoris seperti kancing, manik-manik atau hiasan bunga. Setelah topi dan baju selesai dibuat bisa langsung dipakaikan pada badan boneka.

6. Untuk membedakan identitas boneka bisa ditambahkan rambut di kepala. Potong benang wool sesuai selera lalu jahit delujur diatas kepala. Rekatkan. Setelah itu tutup dengan topi.

7. Untuk bagian mata bisa ditempel kancing, dibuat jahitan benang yang menyerupai mata atau digambar dengan spidol warna. Demikian juga untuk membuat bibir dan hidung.

8. Bila semuanya sudah selesai bisa langsung diaplikasikan pada badan boneka. Dan kalau boneka kurang terlihat cantik bisa juga ditambahkan asesoris lain seperti hiasan bunga, kancing atau shal.

Nah....boneka kaos kaki sudah jadi. Barang yang terlihat sepele dan kadang diremehkan ternyata bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat. Apalagi di era yang serba canggih seperti saat ini...wanita layak menjadi modern mom...yang tidak hanya berdiam diri di rumah. Saatnya wanita tampil ke depan saling unjuk gigi demi masa depan yang lebih baik.

Yuk mom....saatnya berkreasi dari rumah😍😍😍😍😍
Categories:
Reaksi:

4 komentar:

  1. Bonekanya unyu2 Mak Yuni, bikin yang cowok juga dong.... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqiqi....ini masih nyoba mas....ternyata berhasil...ntar deh tak bikin pasangannya hehehe

      Hapus
  2. Perempuan memang sepertinya dibekali ketelatenan yang lebih hehe.Jadi inget dulu pas SD, semua prakarya pasti bantu kakak perempuan. Hasilnya nyata... dripada dikerjakan sendiri hehe

    BalasHapus
  3. lucu banget, mama kreatif nih.

    Anakku juga sering dpt tugas kreatifitas dari sekolahnya, mba. Tapi aku orangnya kurang kreatif jadi suka ikut2an kelabakan deh kalu anakku ada tugas itu

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...