4 September 2016

Posted by Sri Wahyuni on 8:39 PM 8 comments
Bali memang kaya destinasi,  termasuk ragam kuliner ada disini. Bukan hanya menyuguhkan makanan khas Bali,  namun kudapan dari berbagai daerah juga ada disini.  

Kalau boleh dibilang Bali itu rajanya kuliner.  Mau mencari makanan jadul atau bahkan sajian yang sudah umum seperti bakso,  soto,  mie ayam... Semuanya ada. Jadi jangan khawatir kalau ke Bali takut gak doyan makan hehehe....

Salah satu contohnya "ubi cilembu". Kudapan ini memang asli Bandung,  tapi di Bali sudah banyak toko yang menjual ubi ini.  Ada yang mentah,  ada pula yang sudah dioven.  Kalau saya lebih suka beli yang
sudah dioven,  tinggal makan dan tidak mikir bagaimana cara memasaknya.

Ubi cilembu ini rasanya sangat manis, bahkan manisnya legit semanis madu. Dalamnya berwarna kunyit.  Dan memang lebih nikmat bila dioven daripada dikukus. 

Si penjual ubi biasanya menjual kiloan, bisa setengah kilo bisa juga satu kilo.  Untuk 1 kilo ubi yang sudah dioven harganya tiga puluh ribu.  Tentu saja setengahnya lima belas ribu. Cukup murah bukan? 

Uniknya penjual ubi menyediakan tas kecil dari anyaman bambu sebagai wadah ubi. Cocok sebagai oleh-oleh bagi teman yang kebetulan berkunjung ke Bali. 

Bukan hanya cocok untuk oleh-oleh, ubi cilembu juga nikmat disantap dalam segala suasana.  Selain menyehatkan,  karena dioven dan tidak mengandung minyak, menyantap ubi cilembu dapat membuat perut jadi kenyang. 

Saat menikmati secangkir teh hangat,  ubi ini juga mampu menjadi kudapan yang mengenyangkan. Terutama bagi yang takut gemuk lebih baik mengkonsumsi ubi cilembu daripada makan sepiring nasi di malam hari.  Nikmatnya ubi cilembu,  cocok menjadi teman dalam segala suasana.  Kalau ke Bali jangan lupa mampir ke toko ubi cilembu,  rasakan nikmatnya ubi ini walau tidak berada diasalnya. 


Categories:
Reaksi:

8 komentar:

  1. Ooh di bali pun ada juga ubi cilembu ya... kalo gudeg jogja kira2 ada gak yaa...😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mba, gudeg jogja ada di daerah Kuta saya pernah icip-icip kesana....

      Hapus
  2. Anget2 dan disajikan dengan teh mah manja banget

    BalasHapus
  3. Ubi makanan murah meriah mengenyangkan :) Bisa jadi pengganti nasi nih, soalnya lagi kurangin karbo nasi :)

    BalasHapus
  4. oohhhh tak kirain Ubi Cilembu cuma di Sunda aja Mbaaaa

    inii aku lagi masak sendiri, kemaren aa yang ngasih banyak Ubi Cilembu, aku bakar deh pake panci serba guna teflon, aduhaiii enaknyo plus teh tawar panas..
    *luntur deh rasa cape pulang kerja hahhaa

    BalasHapus
  5. hebat yaa, di bali juga ada :))

    BalasHapus
  6. Wah ku kira cuma ada di Bandung saja, ternyata di Bali juga ada toh, aku baru tahu..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...