Ingin Tahu Bagian Tubuh Manusia? Yuk Ke Museum Tubuh THE BAGONG Adventure

Libur Idul Adha kemarin bertepatan dengan libur Galungan Kuningan.  Saya bersyukur bisa kembali melakukan perjalanan ke pulau Jawa.  Disamping ingin merayakan Idul Adha bersama keluarga besar,  saya juga ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di pulau Jawa. Kamipun melakukan perjalanan darat sambil menikmati pemandangan di kiri kanan jalan.


Sejak dari Denpasar saya sudah berniat singgah sebentar di kota Malang,  ingin sejenak menikmati sejuknya udara kota Batu.  Syukur-syukur bisa mengeksplor tempat wisata yang ada disana.

Alhamdulillah meski perjalanan kami sedikit macet,  antrian panjang kami alami saat memasuki kapal fery di penyeberangan Gilimanuk - Ketapang, namun akhirnya kamipun sampai di kota Batu - Malang.

Awalnya sempat bingung saat menentukan tempat wisata mana yang ingin dikunjungi. Setelah melewati beberapa jalan di kota Batu,  akhirnya kami memutuskan singgah di Jatim Park I.

Sebenarnya saya sudah pernah kesini, empat tahun yang lalu. Namun hanya memasuki area Jatim Park. Belum sampai masuk ke semua bagian. Setelah berkonsultasi dengan bagian tiket, akhirnya kami disarankan untuk membeli paket promo seharga Rp. 100.000,- per orang. Paket ini berisi tiket memasuki Museum Tubuh THE BAGONG Adventure dan tiket masuk ke wahana Jatim Park I. Jauh lebih murah dibandingkan membeli tiket per bagian.

Rute pertama yang kami lalui adalah Museum Tubuh THE BAGONG Adventure, sekaligus menjadi pengalaman pertama memasuki area ini.  Setelah petugas memasangkan tiket di tangan kiri dan menempelkan barcode di mesin,  kamipun dipersilakan memasuki museum ini.

THE BAGONG Adventure merupakan museum tubuh manusia pertama di Indonesia sekaligus menjadi museum terbesar di Asia Tenggara.

Di dalam museum ini terdapat 13 zona, mulai dari zona telinga sampai zona tulang sendi.  Termasuk didalamnya ada zona gigi, zona hidung, zona otak,  zona mata,  zona jantung,  zona ginjal dan zona hati.

Hebatnya disetiap zona dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk aslinya, lengkap dengan keterangannya.  Seperti zona ginjal,  pada layar yang terpampang gambar ginjal diberi keterangan "minum lebih banyak air membantu kita untuk tetap sehat,  bagaimana caranya?  Cari tahu bagaimana ginjal bekerja hanya di zona ginjal." Demikian seterusnya.

Selain beberapa zona dan keterangannya, juga terdapat ruang pemeriksaan dan beberapa alat pemeriksaan seperti, pemeriksaan refraksi mata,  pemeriksaan darah,  pemeriksaan lemak tubuh, osteoporosis dan lain sebagainya. Bahkan ada tenaga medis yang siap membantu para pengunjung untuk berkonsultasi tentang gizi dan pola hidup sehat. 

Tersedia juga ruang aktifitas 1 dan 2 yang memang disediakan untuk pengunjung yang ingin mencoba berbagai alat peraga interaktif serta photobooth.  Ada pula theater 3D yang menampilkan film tentang proses pembuahan dan immunologi.  Film ini dikemas sedemikian rupa agar penonton tidak bosan.  Sedang waktu yang disediakan bagi pengunjung untuk berada di area ini kurang lebih 25 menit. 

Bagian akhir dari museum ini adalah koleksi Cadaver,  spesimen manusia asli yang diawetkan dengan teknik plastinasi. Sekaligus menjadi persembahan yang spektakuler di THE BAGONG Adventure. Area ini khusus disediakan untuk pengunjung yang ingin memperdalam ilmu anatomi, sehingga anak-anak tidak diperbolehkan memasuki area ini. 

Nah menarik bukan?  Di museum ini para pengunjung tidak dibiarkan mencari tahu kegunaan masing-masing zona secara sendiri,  namun ada pemandu yang siap membantu memberikan penjelasan serta menunjukkan rute-rute yang harus dilalui. 

Penasaran ingin ke museum ini?  Catat alamat lengkapnya seperti dibawah ini:

Lokasinya pun cukup mudah dijangkau, karena terletak dipinggir jalan kota Batu. 

Bagaimana dengan harga tiketnya?  Saya kira tidak terlalu mahal,  setara dengan fasilitas yang disediakan dan ilmu yang kita dapatkan.

Ingin tahu lebih banyak tentang THE BAGONG Adventure Museum Tubuh? Dapatkan infonya di:
  • Email: museumtubuh@gmail.com
  • FB : officialthebagongadventuremuseumtubuh
  • Twitter : @museumtubuh
  • Instagram : #museumtubuh
  • Path : bagong_museum_tubuh



(Cerita selanjutnya : eksplore Wahana Jatim Park I)


Posting Komentar

11 Komentar

  1. wah bermanfaat sekali ya buat pengetahuan

    BalasHapus
  2. Museum yang keren. Bisa untuk riset kalau mau nulis yang berhubungan dengan tubuh manusia. Dari pusat kota jauh nggak, Mbak? #padahalbelumtaukapankesana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan jauh mbak, tepatnya di kota Batu Malang namun sekarang Batu sudah ramai banyak tempat wisata dibangun disana jadi tidak perlu khawatir takut gak ada angkutan menuju kesana

      Hapus
  3. Eah peng3n banget nih ngajak anak2 ke sana. Sayangnya agak jauh ya... musti bnr2 meluangkan waktu dan dana😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ini wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak

      Hapus
  4. Pas ke sana ramadhan lalu baru direhab. pingin juga ke sana tapi ga kuat capeknya keliling jatimpark. padahal anak-anak tuh seperti ga kehabisan energi.

    BalasHapus
  5. waaahhh aku suka banget nih museum yg begini.. jd bisa bljr banyak ttg bagian2 tubuh manusia... cuma 1 museum ttg tubuh manusia yg pernah aku dtgin mbak, di bangkok, siriraj museum.. itu isinya, bayi2 ASLI, yg meninggal, lalu tubuhnya diawetkan, orang2 terpidana mati yg bagian tubuhnya di awetkan juga utk bahan belajar, intinya, semua hampir rata2 berasal dari manusia yg memang sudah meninggal dan diizinkan utk dipajang di museum ini.. yg paling ga tega sih pas liat bayi2 nya.. bagian2 tubuhnya kyk jantung dan lain2 di kluarkan dan dipajang.. :( sedih banget

    BalasHapus
  6. Pas nih buat ajak anak ya mba. Apalagi anakku lagi belajar tentang anatomi tubuh. Tapi sayangnya pas ke Surabaya nggak sempat mampir ke Malang

    BalasHapus
  7. Museum di Batu, Malang keren dan edukatif yaa, sayang rasanya di Jakarta belum ada museum serupa

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Mbak Yuni, menarik sekali museum nya, anak-anak bisa banyak belajar di sini. Terima kasih sharingnya, kapan2 kalau main ke batu mau mampir ke sini

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...