Ingin Hidup Sehat? Lakukan Hal Berikut Ini!

Sehat itu mahal harganya. Sebagian orang berlomba-lomba membeli alat fitness, menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi suplemen yang katanya untuk kesehatan. Lalu mereka mengurangi makanan berlemak dan beralih mengkonsumsi buah-buahan, yang ternyata harga buah-buahan itu sangat mahal. Walhasil, untuk menerapkan hidup sehat ternyata dibutuhkan banyak biaya.

Lalu apa bedanya dengan sakit? Banyak yang bilang kalau sakit itu juga mahal. Berobat menggunakan BPJS yang gratis tidak menjamin kesembuhan. Lari ke dokter yang profesional dan diberi obat mujarab, ujung-ujungnya menguras banyak biaya.

Mana yang harus dipilih? SEHAT atau SAKIT?


Tentu SEHAT dong.....mari kita telusuri apakah sehat itu mahal? Barangkali bagi orang berkecukupan, untuk menerapkan hidup sehat mereka harus membeli alat fitness, seperti treadmill, sepeda statis dan lain sebagainya yang harganya lumayan mahal. Lalu mereka membeli berbagai suplemen kesehatan yang tak kalah mahalnya. Namun, bila kita jeli alam dan kehidupan di sekitar kita sangat besar manfaatnya bagi kesehatan.

Ya...alarm tubuh kita yang mengetahui hanyalah kita sendiri. Sadar akan pentingnya kesehatan, sudah seharusnyalah kita pergunakan tubuh kita sebaik mungkin. Ibarat sebuah mesin, makin bertambahnya usia kita, tentulah keadaan tubuh kita makin rapuh. Boleh dibilang mesin yang sering dipakai lama kelamaan akan aus. Demikian dengan tubuh kita.

Bagaimana menjaga tubuh kita tetap sehat meski usia makin bertambah?


  1. Seringlah berolahraga, meski hanya 15 menit. Sering olahraga akan membuat kita bersemangat, berbeda dengan memanjakan tubuh diatas kasur, atau bermalas-malasan sambil nonton TV. Tentu rasa kantuk atau tidak bersemangat akan menghinggapi tubuh kita. Sering berolahraga akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita.
    olahraga bersama ibu-ibu heboh
  2. Istirahat teratur. Sudah pasti lah ya....kurang istirahat akan membuat kepala pusing, mata berkunang-kunang atau bahkan mengundang penyakit. Bila tubuh terasa lelah jangan paksakan untuk mengerjakan aktifitas, ada baiknya istirahat sebentar, guna memberi jeda tubuh untuk santai sejenak, setelahnya dapat dilanjutkan kembali,
    tidur siang
  3. Atur pola makan sehat. Dulu saya sering dihinggapi rasa lapar setiap pagi. Demi mengusir rasa lapar itu akhirnya saya makan makanan seadanya, bukan nasi, yang penting rasa lapar itu hilang. Ternyata bukannya membuat saya sehat, berbagai penyakit pun hinggap di tubuh saya. Seperti kolesterol, hipertensi dan asam urat. Sejak saat itulah saya terapkan hidup dengan dengan cara memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi karbohidrat.
    jangan makan sembarangan ya....
  4. Mengolah makanan dari dapur sendiri. Ini yang menyehatkan ketimbang membeli makanan jadi di warung-warung. Saya selalu mengatur jadwal makan, dimana untuk makanan yang mengandung karbohidrat akan saya konsumsi di siang hari. Sementara di pagi hari cukup sarapan jus mix yang sering disebut dengan smoothie. Sebelum mencampur buah untuk diblender, terlebih dahulu saya mencari tahu manfaat dari buah-buahan tersebut. Seperti pagi ini sarapan saya adalah jus mix pisang, kiwi, terong belanda, pepaya dan tomat. Tentunya semua buah tersebut mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan,
    masak sendiri lebih sehat
  5. Kurangi soft drink. Saat ini banyak kita jumpai minuman kemasan diberbagai supermarket. Tentunya minuman ini akan terasa nikmat bila kita minum dalam keadaan dingin. Apakah menyehatkan? Belum tentu bukan....untuk menyiasati hal ini saya mencoba menyiapkan minuman jus yang saya buat sendiri dan saya simpan dalam lemari es. Meski menyimpan minuman dalam lemari es tidak dianjurkan, namun saya tidak pernah menyimpannya dalam waktu lama, Seperti contohnya jus yang saya buat pagi ini, yaitu mix wortel, tomat dan terong belanda. Bila kurang manis maka saya menambahkan gula diabetasol yang rendah kalori. Rasanya pun tidak kalah nikmatnya dengan minuman kemasan yang dijual di pasaran.
    jus buatan sendiri
  6. Makanlah makanan sehat. Ingat penyakit itu datang dari mulut kita. Apa yang kita makan bisa saja jadi penyakit. Pernah suatu hari suami saya membeli beberapa buah lopster. Padahal asam uratnya sering kambuh. Ternyata benar, setelah mengkonsumsi lobster yang cuma sebiji kakinya pincang, asam uratnya kambuh kembali. Disinilah yang harus kita waspadai, lebih baik tutup mata untuk makanan menggiurkan yang menjadi pantangan kita, daripada membiarkan penyakit kita kambuh kembali. Dan alangkah bijaknya bila kita makan makanan sehat yang kita olah dari dapur sendiri.
    gado-gado termasuk makanan sehat bukan?
  7. Rajin beribadah dan mengikuti majelis. Menjalankan ibadah secara rutin serta datang mendengarkan ceramah keagamaan termasuk terapi kesehatan. Selain menambah pengetahuan, tentunya jiwa atau rohani kita akan terasa tenang dan damai. Sudah pasti penyakit pun akan enggan menyapa kita.
    jangan lupa sholat ya....
  8. Jangan lupa bahagia. Bahagia itu berasal dari diri kita sendiri. Banyak cara untuk mendapatkan bahagia, seperti menjaga keharmonisan hubungan dalam rumah tangga dan refreshing. Tentang refreshing tentunya tak harus mengeluarkan banyak biaya. Bisa saja dengan melihat pameran barang antik, atau jalan-jalan mengelilingi tempat wisata di sekitar tempat tinggal kita. Intinya untuk mengusir sakit buatlah hati kita bahagia.
    lihat pameran mobil antik bikin bahagia

Lakukan hal diatas, niscaya sehat pun akan terus bersama kita. Kita akan mengucapkan selamat tinggal kepada "sehat itu mahal", karena sesuatu yang murah pun dapat membuat hidup kita menjadi sehat. 

Posting Komentar

3 Komentar

  1. pasti semua menginginkan hidup sehat mba maka dari itu wajib baca dan menjalankan hidup sehat seperti ini.. terutama yang terahir yaitu jangan lupa bahagia :D

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya mba.., sebagian udah dilakukan sebagian belum ><

    BalasHapus
  3. Makasih tipsnya. Iya benar bahagia itu sepertinya berperan penting dlm kedehatan ya mbak

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...