KEB Bali: Seru, Santai Tapi Serius

Siapa sih yang tak kenal dengan istilah KEB? Para blogger agaknya merasa keder dengan emak-emak yang ada di KEB. KEB atau Kumpulan Emak Blogger, memang tempat berkumpulnya para emak dari berbagai profesi, yang mempunyai kesamaan hobi, yaitu menulis dan ngeblog. Dan KEB ini menjadi sebuah wadah untuk berbagi ilmu dan pengetahuan. Justru dari sinilah para emak unjuk gigi, menunjukkan kehebatannya menulis atau ngeblog.

Tak jarang berbagai lomba blog yang diselenggarakan sebuah instansi atau brand produk tertentu, para emaklah yang menjadi jawaranya. Rasanya, kita tidak boleh meremehkan mereka. Dibalik aktifitasnya yang seabrek, mulai mengurus rumah tangga, keluarga, krucil, pekerjaan baik kantor atau bisnisnya, para emak masih meluangkan waktunya untuk menulis dan mengikuti berbagai lomba. Tak tanggung-tanggung, mereka jugalah yang memenangkan lomba itu. Hebat kan!!!

Jujur, saya senang menjadi bagian dari KEB Bali. Meski anggotanya hanya 6 orang, tapi setiap perjumpaan kami selalu menyisakan kenangan yang sulit terlupakan. Kalau boleh dibilang, gurauan emak-emak “ngangenin”, karena jarang sekali kita mempunyai waktu untuk bisa kumpul bareng. Namanya juga emak-emak, kesibukan yang utama ngurus krucil dan keluarganya, itu sudah pasti. Ada yang kerja kantoran, ada yang menjalankan bisnis ada juga yang aktif di organisasi. Ditambah tempat tinggal yang berjauhan. Jadi butuh waktu yang bener-bener luang untuk kopdaran.

Kalau bicara tentang KEB Bali, sebenarnya belum banyak kegiatan yang dilakukan, selain kopdar dan sharing ilmu. Intinya setiap perjumpaan kita selalu diupayakan untuk seru-seruan. Prinsip “seru, santai tapi serius” agaknya memang menjadi simbul acara kopdar KEB Bali. Apalagi salah satu ciri khas yang tidak bisa ditinggalkan adalah kehebohan para krucilnya. Emang emak tuh identik sama krucil, tanpa krucil bukan emak namanya hehehe......

Di tahun 2015 ini kita baru 2 kali kopdar. Kopdar pertama saat KEB Pusat menggelar acara halbi serentak. Bali pun tak mau ketinggalan ikut unjuk seseruan. Kita memang bener-bener nekat dan meluangkan waktu untuk bisa kopdar. Akhirnya kita (mak Ferdy, mak Ayu, mak Sri, mak Okvina, mak Hanila dan saya) berunding masalah waktu, tempat dan akomodasi. Dari perbincangan seru di chatt grup facebook, akhirnya kita memutuskan acara halbi KEB Bali bertempat di Car Free Day Renon, tepatnya di depan Museum Bajra Sandi.

doc: mak Ferdy

Sudah bisa kebayangkan, kalau kopdar di CFD berarti harus berangkat pagi-pagi, sementara tempat tinggal kita berjauhan. Ada yang di Jimbaran, di Canggu dan di tempat-tempat lain. Sedangkan untuk konsumsi kita sepakat potluck atau bawa masing-masing lah.

Tapi acara halbi KEB Bali emang seru. Bukan di cafe atau rumah makan, melainkan di lapangan terbuka yang sesekali harus berpindah-pindah tempat duduk karena panas. Bahkan, kita pun cukup puas dan kenyang. Selain bisa sharing ilmu, rupanya kita membawa bekal banyak, hingga akhirnya bisa bertukar bekal. Yang tak kalah serunya si krucil-krucil rupanya ikut menikmati suasana lapangan. Meski para emak sesekali was-was melihat mereka jauh dari jangkauan, namun sedikitpun tak mengurangi  keseriusan kita dalam berbagi ilmu.

doc: mak Ferdy
Dan yang baru saja kita lalui adalah Arisan Ilmu KEB ke-4. Kebetulan Bali menjadi penyelenggaranya. Sebenarnya kita sudah woro-woro untuk mengajak serta blogger-blogger lain, namun hanya bertambah dua orang blogger dan jumlah keseluruhanpun masih dalam hitungan jari. Namun hal ini tidak menyurutkan niat para emak untuk menimba ilmu dari suhunya, yaitu mak Sumarti Saelan, yang khusus datang ke Bali demi berbagi ilmu secara gratis. Serunya, ilmu yang ditularkan adalah “Optimasi Blog dan Creative Writing”. Keren gak tuh?

Dari sharing ilmu dengan makketu (panggilan akrab mak Sumarti Saelan), kita jadi tahu tentang optimasi blog, bagaimana membuat blog menghasilkan, sekaligus bagaimana membuat tulisan tidak hanya sekedar curahan hati tapi tulisan itu berisi sesuatu yang menjual. Dengan blog kita juga bisa berpenghasilan. Bahkan sedikit banyak kita juga mengulas SEO, beserta trik-triknya. Intinya sih, mari kita optimalkan blog kita menjadi sebuah sarana yang menghasilkan uang. Itu saja.

serunya acara Arisan Ilmu
doc: mak Ferdi
Oh iya sampai lupa, acara Arisan Ilmu kemarin bertempat di Starbuck Mall Bali Galeria, tepatnya hari Minggu, pada tanggal 23 Agustus 2015 pukul 13.00 Wita. Seperti biasa mak Ferdy yang membawa perlengkapan seseruan. Tak ketinggalan acara tukar kado, sebagai ajang menambah keakraban, tetap kita laksanakan. Meski acara Arisan Ilmu sangat sederhana, namun perjumpaan itu begitu memorable. Terutama, kami telah mengantongi banyak ilmu dari makketu. Semoga kami makin berkibar bukan hanya di dapur tapi juga di dunia perbloggingan. Doakan ya Mak!

mak Icoel makasih ya sharing ilmunya

Posting Komentar

4 Komentar

  1. wih..seru banget acara di Bali ini..walau pesertanya sedikit tapi semangat emak2 super ya..salut deh...

    BalasHapus
  2. wah seru ya :D kompak terus yaa mak :D

    BalasHapus
  3. Topiknya bermanfaat banget, Mbak. Sharig detil materi, dong. Hihihi

    BalasHapus
  4. walau sedikit tetap kompak ya. Aku punay teman blog dari bali juga mbak, tapi lama gak update

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...