18 September 2013

Posted by Sri Wahyuni on 3:33 PM 15 comments
Sobat tercinta.........
Pasti sudah tidak asing dengan istilah "penipu".  Dari jaman dahulu sampai sekarang si penipu seolah merajalela, ibarat mati satu tumbuh seribu alias susah diberantas.  Meski sudah diberi pelajaran, tak juga membuatnya jera. Yah...itulah penipu, akal bulusnya selalu dikeluarkan demi mengelabuhi mangsanya.

sumber: koranbalitribune.com


Sangat banyak aksi penipu yang dilancarkan, terutama di dunia maya.  Apalagi kemajuan tehnologi yang kian pesat saat ini, agaknya dijadikan sebuah kesempatan untuk melancarkan serangan penipuan.

Pernahkah Anda menerima sebuah sms yang berisi bahwa Anda memenangkan sebuah undian, dan sebagainya?  Pasti pernah kan?  Saya malah sering mendapat sms seperti itu, kadang mendapatkan sms angka togel atau bahkan mendapat sms yang sangat menjijikkan.  Namun semua itu tak satupun yang saya tanggapi.  Sempat terganggu, ketika handphone berbunyi dengan seringnya, apalagi setelah dibuka ternyata sebuah sms yang tidak berguna.

Lantas apakah kita akan protes? Protes kepada siapa? Anggap saja itu perbuatan orang iseng yang kurang kerjaan.  Sekali lagi jangan ditanggapi bila Anda tidak ingin tertipu!!!

Modus lain dengan memanfaatkan pin blackberry kita.  Saya pernah di invite oleh bule. Wah...pikir saya nih bule bisa diajak ngobrol sambil belajar bahasa Inggris.  Ternyata saya salah, ketika dia mengucapkan "say hello" kepada saya, lantas saya tanggapi panjang lebar, dan kamipun terlibat percakapan, akhirnya dia berbohong dengan mengaku seorang gadis berusia 10 tahun.  Setelah itu dengan tiba-tiba dia menghapus nomor pinnya, dan seketika itu juga handphone blackberry saya jadi error.  Saya tidak tahu mengapa, yang jelas berhati-hatilah bila ada orang yang tidak Anda kenal tiba-tiba meng-invite pin BB Anda, bisa jadi ia menularkan virus ke handphone Anda.

Masih seputar blackberry, selain menularkan virus, saat kita menerima atau meng-accept pin blackberry orang yang tidak kita kenal bisa jadi ia adalah seorang penipu, yang ingin memanfaatkan Display Picture kita untuk dipasang di blackberry-nya.  Dan yang lebih menakutkan gambar kita dijadikan alat untuk menipu orang.  Jadi jangan sering-sering pamer tampang kita di DP BB ya......

Bahkan yang lagi marak saat ini, adanya kiriman BBM dari PT. TELETAMA ARTHA MANDIRI yang menyebutkan bahwa nomor pin kita menang dalam undian dan mendapatkan satu unit mobil.  Pesan itu kadang dikirim melalui peer-to-peer dengan penjelasan yang sangat detail, sehingga membuat kita sebagai penerima pesan itu merasa yakin bahwa pesan itu benar adanya.  Sekali lagi abaikan pesan itu, itu adalah modus penipuan!!!

Bukan hanya itu, lagi-lagi handphone dimanfaatkan untuk menipu, karena saat ini dengan adanya beberapa fasilitas kemudahan di tiap-tiap kartu prabayar, sehingga biaya telpon selular saat ini sangat murah dan terjangkau.  Suami saya pernah ditelpon seseorang yang mengaku teman dekatnya dari Polda Kalimantan, dia berlagak sok akrab.  Ketika suami saya menyebut sebuah nama, ia langsung meng-iyakan, lantas merekapun terlibat percakapan serius yang ujung-ujungnya menawarkan sebuah mobil.

Coba Anda bayangkan, orang itu di Kalimantan sementara suami saya di Denpasar.  Lantas suami saya disuruh mengirim fotokopi KTP dan alamat untuk pembuatan BPKB mobil Avanza yang ia tawarkan seharga 85 juta.  Selain untuk pembuatan BPKB, fotokopi KTP dan alamat itu nantinya juga akan digunakan sebagai balik nama, yang biayanya nanti akan dihitungkan.  Hehehe....jelas tidak masuk akal kan?  Jadi berhati-hatilah bila ditelpon seseorang yang mengaku teman lama dari Polda, bisa jadi ia juga penipu.

So......penipu memang merajalela, bahkan susah diberantas, karena mereka seperti kancil yang cerdik punya seribu akal untuk mengelabuhi mangsanya agar masuk perangkapnya.  Makanya, sebagai manusia yang berakal, yuk kita sama-sama waspada, jangan mudah tertipu oleh bisikan atau bahkan rayuan gombal sang penipu.  Apapun tipu daya yang ia jalankan, hendaknya kita harus hati-hati.  Ingat waspadalah!!!! Baca juga cerita saya disini....
Categories:
Reaksi:

15 komentar:

  1. biasanya kalo ada yang tipu tipu, saya biarkan saja ngomong panjang lebar (hpnya ditaruh)..biar pulsanya habis hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah tipu muslihat penipu, ada saja akalnya untuk mengelabuhi orang mbak hehehe.....waspada aja ya biar tidak kena tipu

      Hapus
  2. Tanteku pernah kegeeran bakal dapat uang. Untunglah sebelum transfer dia konsul dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati lho mbak sekarang banyak hipnotis lewat telpon, banyak orang yang sudah kena, begitu sadar langsung menyesal karena uangnya sudah keburu berpindah ke rekening penipu dan jumlahnya tidak tanggung-tanggung......duh.....

      Hapus
  3. Suamiku juga beberapa kali ditelpon katanya dari Polda. modusnya sama persis tentang mobil lelangan. pada awalnya nyaris percaya karena punya banyak teman di polda. Eh lama-lama jadi curiga juga lantaran teman yang namanya sama udah jadi kapolda. masak kapolda urus mobil lelangan...
    Btw aku sendiri sering tuh dapat email tentang tranfer dana etc...insya allah udah gak mempan. semoga kita semua selalu waspada dan selamat dari godaan...
    Makasih postingannya bermanfaat mak, salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persis sama dg suamiku mbak.....penipu memang banyak tipu muslihatnya, makanya kita harus jeli menghadapi situasi seperti itu......terima kasih kembali ya mbak.

      Hapus
  4. sekarang hrs semakin berhati2, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah mak...jaman semakin susah, penipu merajalela.....kita harus waspada......

      Hapus
  5. Sekarang banyak menghalalkan segala cara hanya untuk kepuasan perut dan nafsu semata... :) TERLALU, semoga kita senantiasa terhidar dari segala tipu daya para penipu... amin... :)

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] dari pemuda asal Mempawah yang menetap di Jogja, gak suka marah apalagi mencela, mudah-mudahan bisa senantiasa membuat orang lain bahagia dan semoga anda berkenan dengan komentar saya, haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin' amin ya rabbal alamin......mudah-mudahan kita tidak kena tipu......
      Saya terima salamnya semoga tidak gosong, andaipun gosong pasti tak kelihatan, karena jarak pandang yang terlalu jauh hehehe.....terima kasih

      Hapus
  6. saya juga pernah ditelphone mba dari yayasan dana pensiun, nyari ayah saya (padahal ayah saya sudah meninggal ) setelah bla --bla--bla.. intinya dia minta ayah saya telphone ke yayasan ( nomornya teman temannya penipu ) untuk menambil dana pensiun yang tersisa itu 50 juta....waspada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itulah penipu mbak yang selalu cari peruntungan, padahal dia sendiri gak tahu yang sebenarnya apakah orang yang dia tuju bener ada atau tidak, syukur-syukur ada, pasti untunglah dia......makanya tetap perketat kewaspadaan kita....jaman semakin susah banyak orang yang menghalalkan segala cara......

      Hapus
  7. Terima kasih infonya, mbak Yuni. Bisa menjadikan kewaspadaan

    BalasHapus
  8. Sama mbak, aq jg kenalan sama orang yg ngaku bule, n dia ngasih pin bb ke aq, tp blm aq invite, takut penipuan :(

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...