17 September 2013

Posted by Sri Wahyuni on 1:53 PM 14 comments
Ayam koloke adalah makanan favorit anak saya.  Selain rasanya yang enak, cara membuatnya pun sangat mudah.  Berkat ayam koloke ini, nafsu makan anak saya jadi bertambah.  Ingin tahu resep Ayam Koloke buatan saya?  Yuk intip resep di bawah ini








Bahan :

  • 250 gram dada ayam fillet, potong tipis-tipis
  • 2 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 bungkus masako
  • 2 sendok tepung maizena
  • 3 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
  • 1 buah wortel dipotong memanjang seperti korek api
  • 1 buah mentimun, buang dalamnya, dipotong memanjang seperti korek api
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu Saus :
  • 1 buah bawang bombay, rajang
  • 2 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt cuka
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan air

Cara Membuatnya :
  • Kocok telur dalam sebuah wadah
  • Campur tepung terigu, tepung maizena, bawang putih, merica, dan garam jadi satu.
  • Ayam fillet yang sudah dicuci bersih masukkan dalam kocokan telur satu persatu, setelah itu gulingkan dalam campuran tepung hingga rata.  Lakukan berulang-ulang sampai ayam fillet habis.
  • Goreng ayam fillet sampai berwarna kecoklatan, lalu tiriskan.

Cara Membuat Saus :
  • Siapkan sedikit minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  • Tambahkan sedikit air, kemudian masukkan potongan wortel dan mentimun.
  • Setelah itu tambahkan saus tomat, gula dan garam.  Jangan lupa masukkan tepung maizena agar saus mengental.  
  • Bila wortel dan mentimun sudah agak empuk, angkat saus dari perapian.
  • Setelah itu siram saus di atas ayam fillet yang sudah digoreng.

SELAMAT MENIKMATI

  • 1/4 sdt merica halus
  • 1/4 sdt garam
Categories:
Reaksi:

14 komentar:

  1. cara bikin sausnya kayak saus fu yung hai ya mbak?? makasih share resepnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama seperti fuyunghai......sama-sama mbak

      Hapus
  2. Balasan
    1. Silahkan mbak.....pasti enak hmmm yummy.....

      Hapus
  3. Mmmm enak banget nieh keliatannya Mba... jadi gak sabar dech pengen nyobain resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak silahkan dicoba dulu resepnya, dijamin pasti enak deh hehehe

      Hapus
  4. Ayo mbak silahkan dicoba dijamin enak deh hehehe

    BalasHapus
  5. dari fotonya aja udah kelihatan enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang enak kok mbak sumpaaaaaah hehehe

      Hapus
  6. Ayaaaam, Faiz kurang suka deeh..diganti ikan kali y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gak suka ayam bisa juga diganti ikan tuna yang di fillet, trus ditepungin dan digoreng, cara membuatnya sama persis dengan resep di atas cuma beda di ikannya aja, sama kok enaknya aku sudah coba

      Hapus
  7. Gimna caranya supaya saat gorebg ayan tepungnya bisa mengembang jd bisa kelihatan besar2. Soalnya klo saya goreng tepungnya ndak mengembang jd kelihatan kecil2

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...