UTAK ATIK BLOG SEOLAH SANG PROGRAMMER

utak-atik blog


Dunia blogging kini makin berkembang pesat. Blog yang tadinya hanya sebagai ajang menuliskan curhatan, kita berubah menjadi media yang menghasilkan bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Sekitar lima tahun silam saya tertarik terjun ke dunia blogging. Awalnya hanya coba-coba menuangkan isi hati kedalam tulisan, ternyata menjadi seorang blogger sangat mengasyikkan.  Saya bisa berkreasi dengan bebas dan memosting tulisan  sebanyak-banyaknya.

Salah satu pekerjaan yang membuat saya ingin berlama-lama di depan notebook adalah utak-atik blog.  Demikian banyaknya template blog pilihan, membuat saya sering mencoba template blog baru dengan sedikit modifikasi. Kadang dalam sehari tidak satu pun tulisan saya buat, melainkan mempercantik tampilan blog agar indah dipandang. Yang terpenting template blog saya bisa SEO Friendly dan dikenal google.

Dengan utak-atik blog sepertinya saya dituntut lebih kreatif membuat tampilan blog yang beda dengan lainnya.  Kadang saat googling saya dapatkan beberapa tips mempercantik tampilan blog atau bahkan mendapatkan contoh-contoh template yang bisa saya download gratis.

Tak jarang saya juga berkonsultasi dengan teman-teman di grup facebook yang mempunyai kemampuan dalam mengutak-atik tampilan blognya.

Hal yang membuat saya pusing adalah ketika mengcopy-paste kode untuk tampilan tertentu, dimana secara tiba-tiba ada peringatan kesalahan meletakkan rumus setelah kode script tersebut di simpan.   Seolah mengingatkan saya kembali ke masa kuliah, saat memilih jurusan pemrograman komputer. 

Bak seorang programmer amatiran saya coba untuk mengutak atik kode yang saya copy paste dari web lain.  Kurang satu tanda saja mengakibatkan tampilan blog yang saya inginkan berantakan.  Jadilah satu persatu saya amati rentetan tanda dan rumus-rumusnya.  Mencoba rumus yang satu, belum berhasil, coba yang lainnya sampai akhirnya benar-benar berhasil dan menjadi tampilan yang bagus.

Barangkali inilah senangnya menjadi seorang blogger, belajar utak-atik kode script demi membuat sebuah tampilan blog sesuai keinginan. Namun mengubah tampilan blog saja tidak cukup. Kalau misi kalian menjadi seorang blogger hanya untuk mencurahkan isi hati lewat tulisan, barangkali tidak masalah. Berbeda dengan seorang blogger yang menjadikan blognya sebagai ladang penghasilan.

Saat ini banyak agency yang menggunakan jasa blogger untuk mempromosikan produknya. Otomatis blogger pun akan dibayar oleh agency tersebut. Namun bukan berarti blogger menulis lalu dibayar. Ada kriteria tertentu yang membuat sebuah blog bisa bekerja sama dengan agency, termasuk DA blog (domain authority), page view, analytics dan sebagainya.

Inilah pentingnya seorang blogger menguasai ilmu perbloggingan. Bukan hanya pandai merangkai tulisan, namun juga harus mahir infografis, membuat gambar pendukung, serta menguasai trik agar tulisan terindeks mesin pencarian di google.

Ada banyak cara menguasai ilmu perbloggingan, bisa searching di google, berdiskusi dengan sesama blogger melalui grup-grup di media sosial, mengikuti kursus baik secara gratis maupun berbayar serta bertukar pengalaman dengan sesama blogger.

Yuk kembangkan kemampuan kalian di dunia blogging  bila ingin menjadi blogger yang berpenghasilan!

Posting Komentar

6 Komentar

  1. ya betul mbak astin....makasih banyak ya

    BalasHapus
  2. Hihihihi, memang seorang programer kan? Hayoo ngakuu. :D

    Benar, Mba. Belajar menata tampilan blog memang perlu, tapi ada yang lebih penting lho.

    Yaitu, bagaimana membuat blog biar aksesnya was-wus. . . :)
    Selamat berkreasi. . .

    BalasHapus
  3. nah ini nih yang perlu dipelajari lagi....bikin was wusnya tuh loh masih dicari cari dulu hehehe salam kenal

    BalasHapus
  4. makasih infonyaa:)gimana sih supaya template gambar saya adanya di sebelah kanan, ini kok adanya di bawah melulu hehheeee.. :)

    BalasHapus
  5. patut dicontoh ilmu percobaannya.
    punyaku masih standar-standar aja hehehe

    BalasHapus
  6. saya blum puas nih ngutak-ngatik blognya..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...